Pada saat mengantri pada suatu lembaga layanan masyarakat maupun perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan masyarakat pastilah membosankan. Setelah mengantri lama dan akhirnya sampailah pada antrian kita. Ketika akan melakukan transaksi, petugas berkata " maaf bapak / ibu, apabila ingin melakukan transaksi ini harus dilengkapi dengan fc KTP, surat kuasa, materai, tanda tangan yg bersangkutan, dsb ". Pada saat itu pelanggan pasti agak kesal, mereka pasti berpikir knpa pelanggan malah dipersulit. Memang dalam melakukan transaksi atau kegiatan administrasi harus melalui prosedur yang aman agar semua jelas dan tidak ada pihak yang dirugikan.
Tidak semua orang memiliki pengetahuan di bidang perbankan, penggadaian, perpajakan, pelayanan provider, dan pelayanan - pelayanan lainnya, sehingga mereka tidak mengetahui prosedur untuk melakukan transaksi seperti berkas - berkas apa saja yang harus dibawa. Apabila tidak membawa berkas, yang harus dilakukan adalah pulang setelah mengantri lama dan kembali mengantri lagi.
Untuk menghindari hal - hal tersebut ada sebuah cara yang mudah. Ide simpel di sini adalah dengan melakukan layanan SMS untuk memberikan informasi kepada pelanggan. Cara kerjanya adalah pelanggan yang akan melakukan transaksi, administrasi, maupun bertanya masalah produk dapat menggunakan SMS sebelum datang ke tempat layanan maupun perusahaan yg bersangkutan. Pelanggan mengirimkan SMS bagaimana prosedur untuk melakukan transaksi ini, administrasi ini, atau layanan ini. Lalu perusahaan dan lembaga tsb dapat mengirimkan informasi prosedurnya dan berkas apa saja yang dibutuhkan. Dengan begitu, pelanggan sudah mempersiapkan sebelumnya.
Sistemnya simpel saja, perusahaan atau lembaga tsb tinggal menyiapkan draft SMS untuk prosedur pada setiap pelayanan yg mereka miliki, lalu tinggal kirim draft tersebut sesuai dengan pertanyaan pelanggan. Jadi tidak perlu menulis ulang, karena sudah ada draft nya, tinggal kirim saja.
Ide ini hanya bersifat saran, boleh dilakukan, boleh diabaikan.
BPPT Pemkot Semarang udah bikin ini bro. Saya sempat ikut analisis sistemnya hehe. Semoga membantu warga yang perlu pelayanan yang baik :) *salaman*
BalasHapusnice Bro, semoga lembaga pelayanan masyarakat yang lain juga meningkatkan kemudahan layanan seperti yang telah dilakukan BPPT Pemkot semarang :)
Hapus