Jumat, 20 Juli 2012

Kota Anda Berada di Ruang Keluarga



Walaupun sudah bertahun - tahun menetap, kita belum tentu mengetahui seluruh informasi yang berada di kota tempat tinggal kita. Kalau mau membeli alat musik, toko mana saja yang jual? kalau mau beli sepeda, di mana tempatnya? Hari ini atau besok ada event apa saja? Hal - hal semacam ini sebenarnya sangat di butuhkan. Biasanya info seperti ini disebarkan melalui spanduk, koran, yellowpages, dll. Informasi ini sebenarnya bisa kita sajikan di ruang keluarga kita. Bagaimana caranya?

Sekarang kita bicara tentang internet, database, dan software.
Idenya  adalah dengan menaruh seperti smart TV di ruang keluarga yang berisi data kota. Database bisa dikelola oleh pemerintah daerah atau kota, dengan kata lain Server berada di pusat yang terhubung ke setiap rumah seperti jaringan telepon.
Jadi apabila ada event baru tinggal dipublish ke setiap TV yang berada di tiap rumah. Bedanya dengan TV biasa, di sini berisi informasi dalam kota yang berbentuk seperti halaman web.
Dengan begini semua orang akan tau ada event apa saja di kota. Selain itu, alat ini juga dapat dikomersilkan dengan cara mengundang toko2 di dalam kota untuk memasang iklan. Sehingga toko2 di dalam kota dapat dicari letaknya dan apa saja produk yang ditawarkan. Dengan begini orang2 tidak perlu keliling2 kota untuk mencari suatu produk.

Cara kerja TV ini seperti halaman web yang dapat di klik menu2nya seperti menu event, toko, kantor layanan, dll, dan fungsinya hampir sama dengan TV untuk memberikan informasi, tetapi ini hanya dalam kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar